Translate

Kamis, 17 Juni 2021

Apa Sih BTS Meal, Kok Sampai Viral Banget ? Sini Army Jelasin !

Pertama, Army adalah sebutan bagi fans BTS. Sudah tahu dong beberapa hari lalu Mcd Indonesia heboh banget karena Army beli BTS Meal via Ojol hingga Mcd di seluruh Indonesia membludak, jadi lautan ojol. Antri sampai 3 jam, sampai ada calo BTS Meal dijual lagi dengan harga selangit dan yang tidak kalah hebohnya adalah packaging atau bungkus BTS Meal di banderol hingga 1 juta rupiah di ecommerce?? Apaan sih?? Sampe segitunya? 





Sebelumnya Mcd juga pernah mengeluarkan set meal dengan Travis Scott tapi hanya ada di USA saja sedangkan BTS Meal adalah set meal Mcd pertama berskala internasional. Pihak Mcd juga memberikan statement kolaborasi ini terjadi karena memang BTS penggemar Mcd. Army pasti tahu yaa bahkan dari sebelum debut BTS pun sering terlihat makan Mcd. BTS Meal sendiri akan tersedia di 50 negara dengan waktu promosi kurang lebih sebulan. Sayangnya di beberapa negara hanya beberapa hari stock untuk sebulan sudah ludes, termasuk Indonesia. Jumlah Army tuh banyak banget wooyy, gak kebayang nanti pas war tiket konser bagaimana. BTS Meal Indo aja 10 menit ludes, bisa - bisa nanti war ticket konser cuma 3 menit ludes seperti konser terakhir mereka kemarin di Korea sebelum covid.

BTS Meal adalah kolaborasi McDonald dengan BTS. BTS Meal adalah menu yang dipilih langsung oleh BTS. Berisi 9 nuget ayam, kentang goreng medium, coca cola medium dan 2 saus special yang tadinya hanya ada di Korea yaitu Cajun dan Sweet Chili. 



Pemilihan nuget ayam tuh ada sebabnya gaes, BTS sadar kalau Army tuh dari beragam etnis dan agama. Ada agama yang melarang umatnya untuk makan daging babi dan sapi jadi mereka memilih ayam agar bisa dimakan oleh semua Army. Army muslim sempat bingung dengan Cajun karena cajun terbuat dari Wine sehingga tidak halal. Tapi ternyata untuk negara muslim, saus cajun dan sweet chili diproduksi di Malaysia dan mendapatkan sertifikat halal. Jadi kita bisa makan yaa guys !



Harga 1 set BTS Meal dibanderol Rp 50.000 (sudah termasuk pajak). Wow sangat terjangkau yaa dan Mcd tidak upgrade harganya, ini masih harga normal. Army pasti tau kalau harga merch asli BTS tuh tidak pernah ada yang murah, bahkan harga album mereka adalah yang termahal dibanding kpop grup lain. BTS Meal tidak datang dengan photocard atau merchandise yaa guys. Merchandise dijual terpisah dan hanya bisa dibeli di Weverse. Fyi, merchandise sudah sold out sejak awal release dan sekarang release baru new merchandise vol.2. Oia kamu akan dapat photocard kalau beli merchandise.

Kim Taehyung, pencetus Borahae


BTS Meal terasa sangat special karena packagingnya yang berwarna ungu, iconic BTS dan juga terdapat logo dan tulisan Borahae. Borahae adalah tagline BTS yang artinya I Purple You atau aku percaya dan mencintaimu sampai waktu yang lama. 



So that's why banyak army yang juga mengincar bungkusan BTS Meal. Di tangan Army, bungkusan tersebut disulap menjadi barang kreatif. Dari kacamata lain, Army berkontribusi untuk recycle sampah bukan? Tapi sayangnya banyak yang memandang ini sebagai sesuatu yang lebay, negatif. 

Ada oknum yang juga menjual packaging tsb di ecommerce dengan harga selangit. Aku tidak tahu apakah ada yang membeli ? Aku sendiri daripada hanya beli packaging saja mending uangnya dipakai untuk beli tiket konser mereka. Fyi, konser online mereka Sowoozoo terjual 1,33 M di 195 negara (memecahkan rekor pertama dan satu-satunya online konser dengan jumlah tiket terjual terbanyak). Tapi sayangnya prestasi luar biasa seperti ini justru sepi artikel dari media. Media justru lebih tertarik dengan semrawutnya BTS Meal kemarin.

Army indo sendiri membuat project, donasi Army tembus 165 juta hanya dalam 2 hari. Uang ini akan didistribusikan untuk project amal berbagi makanan untuk panti asuhan, ojol, pembagian sembako untuk ojol dan juga tes swab gratis untuk para ojol. Tak hanya di Indonesia, Army dari berbagai negara juga melakukan project positif dengan BTS Meal ini.

Itu sebabnya banyak orang kaget dengan hype BTS. Sebenarnya mereka kurang tahu saja, karena memang BTS jarang sekali nongol di media. Lebih tepatnya kalau berita negatif baru di blow up sedangkan berita positif pura-pura tak lihat. Hanya Army yang selalu berada di samping mereka dan melindungi mereka. BTS release BTS Meal ingin membuat Army serasa makan siang bareng sedunia. Ingin kebersamaan Army, tapi di Indo malah yang bukan Army ikut ngehype, latah. Sedih sih liat yang bukan Army malah beli banyak, review sekenanya tanpa cek latar belakang dulu apa sih BTS Meal itu, bahkan ada juga yang mencibir. Semua demi konten dan ikutan viral. Hello? BTS release ini buat ARMY. Alhasil masih banyak Army yang belum kebagian tapi produknya sudah habis. 



Di kalangan Army sendiri, kolaborasi ini punya cerita tersendiri. Awal pemberitahuan kolaborasi ini, banyak sekali yang mocking BTS. Dari kalangan antis maupun kpoper lain. Mereka memandang rendah kolaborasi ini, hanya karena produk murah makanan fast food. Mereka membandingkan dengan idol fav mereka yang menjadi brand ambassador barang mewah. 

Okay, kami hanya defense tanpa hina balik but Boom !! Hanya dalam waktu 2 hari tiba-tiba Louis Vuitton mengumumkan kalau BTS menjadi House of Ambassador mereka. Whatt ??!! BTS yaa semua member jadi ambass bukan salah satu dari grup seperti idol fav kalian. Tamparan keras buat haters gak tuh?? Lalu tiba-tiba  banyak fandom lain "meminta" fast food merk lain untuk ajak kolaborasi dengan fav mereka. Isn't it funny huh??

Sedikit informasi tambahan, BTS sendiri dikenal sebagai artis yang tak mau dibatasi cara berpakaian mereka. Mereka membeli sendiri outfit mereka, tak ada endorse. Hebat yaa LV bisa meloby mereka. Ternyata BTS smart gaes, House of LV itu adalah rumahnya brand mewah, banyak sekali brand mewah dibawahnya. Dengan jadi House of Ambass itu artinya BTS tetap bebas memakai brand mewah lainnya dibawah LV. Jadi outfit mereka tak hanya Louis Vuitton saja. So it's bigger than just Ambassador. Tamparan buat haters lagi, huh ?

Di korea sendiri, kolaborasi ini membuat bangga banget. Karena packaging bertuliskan hangeul atau bahasa korea akan debut internasional di 50 negara. Bahkan seorang presidenpun tak bisa melakukan hal ini. Fyi, Presiden Moon juga ikut bangga dan fans sama BTS lho !



Dari kacamataku sendiri, kolaborasi ini merupakan marketing jitu Bighit. Kolaborasi ini keluar tidak lama setelah lagu Butter debut. Butter adalah lagu Inggris kedua BTS. Seharusnya lagu ini akan diputar Mcd sebagai bagian dari promo BTS, sayangnya covid melanda jadi hanya bisa pesan online. Mcd adalah fast food yang dinikmati oleh semua kalangan, semua umur dan semua lapis masyarakat. Ini akan membuat BTS terdengar gaungnya ke seluruh lapisan masyarakat. Aku ngakak sekali saat melihat video dimana non Army menyebut BTS Meal sebagai McJimin karena dari semua member BTS yang dia hapal cuma Jimin. And yess banyak warga lokal yang menjadi Army lewat jalur BTS Meal. Semua berawal dari penasaran ingin tahu siapa nama mereka? Lalu jatuh ke lubang ungu.

Okay gaes sekalian deh aku mau present ketujuh bujangku yang kasep-kasep ini yaa!

RM
Leader BTS, Rapper, Produser, Pencipta lagu dengan jumlah kredit lagu terbanyak dan termuda di Korea



Jin
Vocalist, Worldwide Handsome, Face Genius, Silver Voice


Suga
Rapper, Pencipta lagu, Win 2x Best Producer in Korea, Visioner BTS


Jhope
Rapper, Pencipta lagu, Produser, Dance Captain, Stage Director


Jimin
Vocalist, Main Dancer, Satu-satunya dan termuda pemegang 2 medali Cultur Merit ( Penghargaan kebudayaan di Korea yang sangat prestisius )


V
Vocalis, No.1 World Most Handsome Face , Vocal Genius, Idol of idol (jadi tolak ukur idol lain di Korea)




Jungkook
Main Vocalist, Golden Maknae (Si bontot emas, karena bisa melakukan apa saja dengan hasil diatas rata-rata), The Sold out king (benda apapun yang dia pakai selalu sold out dengan cepat), The sexiest man 2020

26 komentar :

  1. buat para army pastinya ini yang ditunggu-tunggu ya secara hal yang sangat luarbiasa meski harus antri berjam-jam its okay lah biar bisa dapetin bts meal

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa kak betul, sayangnya mcd indo kurang banget penanganannya, secara strategi marketing dan salah baca market hahahaha

      Hapus
  2. Aku sempet mau beli tapi karrna rame gaknjadi deh, nunggu agak sepi aja hehe. Babam yg doyan sih bukan aku klo buat nuggetnya ini kayaknya lebih crunchy

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau rasa nugget sih sama aja kak, cuma special sauce asli korea aja. Udah ga ada lagi sekarang, stok sebulan habis dalam waktu 3 hari doang

      Hapus
  3. Aku bukan fans K-Pop tapi salut sama BTS karena mereka fenomenal banget. Terlihat dari kejadian antrian BTS Meal kemarin. Kompak banget ya para Army nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yess Army tuh fandom terkompak kak, makanya bisa ngalahin chart Billboard. Walau bts dicurangin tapi Army tetep bisa bikin lagu bts no.1 selama sebulan berturut-turut

      Hapus
  4. BTS meal ini luar biasa banget ya memang animonya, sampai bikin macet gara-gara antriannya, sempet pengen beli jg kemarin krn penasaran tapi duh malas antrinya akutuh. Dan memang orang Indonesia tuh kreativitas tanpa batas banget, packagingnya bisa diolah lagi jadi barang-barang seru

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa army pada kreatif sih kak, pada di recyle jadi casing hp, tas, baju, topi, robot, sepatu, pajangan

      Hapus
  5. Sebagai orang yang nggak ngerti kpop kebetulan kemarin aku nggak nyoba bts meal ini sih. Kalau misal nggak sold out dan nggak diberhentikan produksinya, mungkin aku akan coba di hari-hari yang sudah sepi karena penasaran sama sausnya itu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di indo stock sebulan habis cuma dalam 3 hari, di india stock sebulan habis dalam sehari, di malaysia hanya 6 hari. Dari pihak Mcdpun gak sangka seantusias sebanyak itu Army.

      Hapus
  6. walaupun aku bukan army tapi sangat menikmati antusiasme para army yang membeli bts meal dan jadi tau lebih banyak juga soal bts ini mba dan salut juga yah krn mereka bisa jadi ba house of lV aku selama ini tahunya hanya pemain drakor aja yang jadi BA luxury brand

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa LV nya sih yang beruntung bisa gaet BTS dan kyana udah lama juga ngelobby nya soalnya Dior pernah custom khusus pakaian konser mereka di tahun 2019. Dior ini anak LV

      Hapus
  7. Waah ternyata Ka Tuty ini army ya hehehe. Aku penasaran sama menu ini sebenernya dan lebih kepada warna ungunya ku suka eh tapi belum rejeki. Belum sempet beli udah ngga ada ya katanya sekarang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak stock sebulan habis dalam waktu 3 hari sama Army Indo, sayangnya Mcd Indo ga ada niat buat restock padahal banyak Army yang belum kebagian.

      Hapus
  8. Ikutan senang deh lihat para army yang sudah mendapatkan McDonald's feat BTS. Aku kemarin juga pengen sebenarnya dan mencoba beberapa kali pesan via apps setelah hari pertama itu gak bisa-bisa ternyata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah bludak hari pertama, akhirnya hanya bisa via drive thru dan mcdelivery kak

      Hapus
  9. Aku bukan fans-nya tapi ngerti kenapa bisa heboh begitu.. mungkin aku juga gitu kalo colab sama linkin park :D gerakan army-nya patut ditiru yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa kak, klu dah fans mah pasti akan support idolanya kan. Kalau jaman dulu ada westlife x mcd pun aku pasti akan beli hehehhe

      Hapus
  10. Eh, army juga mbak? Ini viral banget, bikin heboh se-Indonesia. Tapi memang jadi kreatif item sih, kemarin aku lihat ada yang dijahit jadi jaket, keren deh hasilnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa army aku hehehe. Iya army pada kreatif memang, ada yang dijadiin sepatu juga

      Hapus
  11. Kalau untuk K-Pop daku kurang mengerti sih kak. Cuma pernah dengar dan baca soal BTS Meals ini, karena lihat dari temlen temen yang posting dan dari twitter

    BalasHapus
    Balasan
    1. fyi mbak, BTS sekarang udah beyond kpop. Genre mereka BTS itself, hehehehe. Title mereka skrg Biggest Band In The Planet. Majalah TIME sama Rolling Stone nih yang kasih julukan, mantap !

      Hapus
  12. Ya ampun, sungguh gak ngerti sih ini kenapa bisa sampai viral, hehe.. oh ternyata wwkwkwkk.. maafkan aku bukan penggemar kpop :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak harus jadi penggemar kpop kok mbak untuk tau BTS karena mereka emang beyond kpop. The biggest band on the planet klu kata majalah Time sama Rolling Stone dan pemecah record tersayang klu kata Guinness World Record, saking banyaknya record music yang mereka pecahin melewati The Beatles dan Michael Jackson

      Hapus
  13. Ini nih yg lagi viral. Warna ungunya emang cakep sih, aku setuju. Tp sedih jd bikin kerumunan ojol pas ini lagi booming kemarin. Btw aku malah belum nyobain BTS meal ini wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa pihak Mcd kurang persiapan banget. Mereka ga riset pasar dulu. Aku salut sama Mcd Filipin, mereka pinter handle biar ga bludak di satu hari. Dibagi jadi per bias, satu member BTS per hari. Jadi gak bludak di hari pertama

      Hapus

Back to Top