Translate

Selasa, 01 Januari 2019

Coba Argan Skincare di Indonesia (Murah dan Berkualitas)


Kenapa sih skincare yang berbahan dasar argan itu harganya agak mahal ? Kalian sudah kenalan dengan Argan belum gengs ? Argan berasal dari Maroko dan kebetulan aku pernah tinggal selama setahun di Maroko. Nah selama setahun itu pula semua skincareku mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki memakai skincare yang berbahan dasar argan. Mumpung argan murah kan di negara asalnya hehehehe. Akhir – akhir ini aku kangen dengan skincare argan dan aku mencari argan skincare di Indonesia. Ada ? Ada doong dan aku beli beberapa produk argan yang harganya masih termasuk murah menurutku. Masing – masing item yang akan aku share disini harganya kurang dari Rp 80.000. Yang lebih mahal banyak tapi aku sengaja pilih yang murah gengs.



Argan adalah tanaman asli asal Maroko dan hanya bisa tumbuh di Maroko. Cara pembuatan argan oil juga masih tradisional. Semua prosesnya menggunakan tangan manusia tanpa ada bantuan alat atau mesin modern. Itu dia sebabnya harga skincare berbahan dasar Argan agak mahal dibanding skincare biasa. Kalau harga aslinya ya memang jauh lebih murah apalagi kalau kamu belinya di petani argan langsung. Untuk perbandingan harga Pure Argan Oil 30 ml di petani argan (non brand) harganya Rp 50.000, lokal brand Maroko Rp 90.000, pada brand The Ordinary seharga Rp 230.000 sedangkan untuk brand high-end harganya bisa lebih mahal lagi.

Argan oil juga biasa disebut liquid gold karna oilnya yang berwarna kuning terang dan juga berbau khas argan. Wanginya cukup menyengat menurutku. Argan oil mengandung Vitamin E, Antioxidants, Squalene dan Asam Lemak Tak Jenuh.



Vitamin E berfungsi mengunci kelembaban, mengobati sunburn, scars, heals damaged skin, menstimulasi pertumbuhan dan kekuatan akar rambut. Antioxidants berfungsi menangkal radikal bebas dan anti aging. Squalene berfungsi untuk booster immune system. Asam lemak tak jenuh berfungsi sebagai anti inflamasi atau peradangan.

Jadi manfaat argan itu banyak sekali gengs, diantaranya adalah :
  • Menutrisi kulit sensitive
  • Mencegah dan mengobati jerawat
  • Penyembuhan bekas luka
  • Pelembab seluruh tubuh
  • Menstimulasi pertumbuhan rambut
  • Menguatkan akar rambut


Produk yang aku gunakan saat di Maroko mulai dari shampoo, hand body lotion, face wash dan body wash menggunakan yang berbahan argan. Untuk face oil aku punya love-hate relationship dengan argan oil. Aku akan buat post terpisah untuk cerita lebih detailnya ya gengs. Well, habis gajian aku belanja ke Aeon JGC dekat rumah. Koleksi beauty Aeon cukup lengkap menurutku, mulai dari produk lokal sampai produk import macam - macam ada disini. Target utamaku tentunya adalah produk yang mengandung argan.

Wardah Nutri Shine Shampoo Argan Oil & Grape Seed (170 ml)

Harga : Rp 25.000

Yeaay seneng banget wardah punya yang mengandung argan. Soalnya brand lain harganya mahal gengs. Contoh saja brand OGX yang harganya sampai Rp 249.000 untuk 385 ml shampoo. Saat di Maroko aku memakai Le Petit Marseillais Argan Shampoo, brand asal France.



Shampo argan berhasil mengurangi kerontokan rambutku dan membuat rambutku lebih subur dan cepat tumbuh. Anak rambutku jadi lebih banyak gengs. Dalam beberapa kali pemakaian Le Petit berhasil mengurangi kerontokan rambut saat keramas hingga 50 % sedangkan untuk shampoo wardah perlu 3 minggu keramas sampai aku melihat adanya perubahan. Mungkin hal ini karna Le Petit Marseillais shampoo pure mengadung argan sedangkan wardah argan dan ada kandunga grape seednya.

Wardah shampoo mengklaim rambut akan menjadi lembut kilau ternutrisi dan membantu kurangi tampilan rambut bercabang. Kamu bisa menambahkan mengurangi kerontokan juga wardah. Because it works well on me.

Perbandingan lainnya adalah setelah keramas. Argan shampoo membuat rambutku balik seperti saat keadaan semula rambutku saat masih anak-anak. Lurus dan licin. Literally beneran lurus seperti habis dicatok dan licin susah banget dulu kalau mau mengikat rambut dengan rapi. Nah dengan wardah rambutku memang jadi lurus tapi lebih bervolume jadi seperti habis di blow dry. Aku suka dengan hasilnya.

iomi Argan Oil & Virgin Coconut Oil Goat’s Milk Yoghurt Shower Cream (1 L)

Harga : Rp 70.500

Panjang bener ya gengs nama produknya. Brand asal Korea ini mengklaim double moisturizing & nourishin, soothe and hydrate. Setuju banget, sesuai dengan klaimnya. Sabun cair ini sungguh melembabkan. Kulit juga terasa sangat lembab dan lembut bahkan setelah beberapa jam setelah mandi. Wangi sabunnya juga enak dan nempel ke kulit. Habis mandi wanginya masih ada aja di badan.



Namun wanginya bukan wangi argan melainkan wangi vanilla. Kalau dulu di Maroko aku memakai Le Petit Marseillais Huile de Argan and Fleur de Orange. Jadi wangi aroma buah jeruk. Seger banget. Brand Marseillais ini memang hampir semua produknya tuh wanginya enak gengs. Kedua body wash ini mantul fungsi argan sebagai melembabkannya dapet.

Nivea Sensational Body Lotion Rose and Argan Oil (200 ml)

Harga : 23.000

Varian terbaru dari Nivea yaitu dengan menambahkan oil pada body lotion. Aku senang Nivea memasukkan argan pada koleksinya. Tentunya kalau nivea harganya pasti affordable kan. Teksturnya lotion cair, lebih cair dibanding body lotion biasa. Karena mengandung oil jadi sedikit produk bisa untuk area yang luas. Saat pertama kali di oles ke badan terasa licin oilnya aku pikir akan lama meresap, namun ternyata cepat meresap dan tidak lengket setelahnya. Aroma yang tercium adalah wangi mawar yang lembut. Tak ada lagi wangi khas argan. Kandungan argan sukses lebih melembabkan kulitku dibanding body lotion biasa. Setelah meresap aku juga merasa argan oilnya tetap berada di atas permukaan kulit sehingga memberi efek kulit bercahaya. Tapi kalau dipegang ya kering gengs. Kalau sehabis wudhu, ada sensasi sedikit luntur tapi tidak licin sama sekali atau menganggu.



Saat di Maroko aku menggunakan Ossoul Argan Face Cream sebagai body lotion. Teksturnya sedikit lebih creamy  dibanding body lotion Nivea. Ya mungkin karean diformulasikan untuk wajah jadi lebih padet krimnya. Tapi karakteristik produknya sama, cepat meresap, oilnya masih terasa di permukaan dan super melembabkan. Andalan saat winter deh pokoknya. Selengkapnya kamu bisa baca Review Ossoul Argan Face Cream.


De' Argan Facial Wash (60 ml)

Harga : Rp 55.000. Bisa beli di instagram produkarabbandung



Untuk face wash, aku tidak menemukan ada brand lokal ataupun brand luar yang mengandung argan di Aeon ataupun Guardian. Aku menemukan brand De Argan ini di online shop. Kamu bisa beli di Instagram dengan akun @produkarabbandung Ternyata ini termasuk brand lokal lho gengs. Diproduksi oleh CV An Naufa di Bantul Yogyakarta. Walaupun belum dengar nama brand ini sebelumnya tapi prouk ini sudah mengantongi nomor POM NA 18181201122.



Dari semua produk argan yang aku sebutkan diatas, hanya kemasan produk ini yang membuatku seolah – olah berada di Maroko. Mulai dari nama produk, memakai kata de’ lalu tulisan ‘content pure and certified organic virgin cold-pressed argan oil (Argania Spiosa)’ itu persis kata – kata yang dijumpai di produk argan yang ada di Maroko. Lalu secara design produk juga feel-nya dapet sekali Marokonya. Aku pikir tadinya ini adalah produk import asli dari Maroko lho.


Facewash ini tak hanya mengandung argan tapi juga mengandung Virgin Coconut Oil, susu kambing dan zaitun. Mirip dengan IOMI body wash yaa. Klaim produk ini yaitu melembabkan, melembutkan kulit kering dan senstif dan membantu memudarkan flek hitam pada wajah.

Busa pada face wash ini tidak terlalu banyak, hanya saja aku kurang begitu suka dengan wanginya. Menurutku terlalu strong dan sekilas mirip dengan wangi body wash. Walaupun terdapat fragrance tapi alhamdulillah tidak bereaksi negative pada kulit wajahku. Tidak ada jerawat yang muncul setelah memakainya. Kulit terasa lebih halus, lembab dan pori – pori terlihat lebih kecil. Sayangnya bertahan sebentar sih setelah cuci muka doang. Beberapa jam kemudian ya balik lagi ke semula.

Saat di Maroko aku memakai Ossoul Argan Face Cleanser. Jadi bahan dasarnya hanya argan saja. Nah kalau pakai ini setelah cuci muka pori-pori seakan menghilang. Muka jadi cakep banget. Full reviewnya bisa baca di blog post Review Ossoul Argan Face Cleanser.



Kalau di Maroko, produk – produk yang mengandung Argan biasanya diproduksi tanpa paraben dan aku senang sekali semua produk diatas yang aku review juga tak ada yang mengandung paraben. Jadi aman untuk ibu hamil dan menyusui dan tentunya aman untuk kulit yang sensitive sepertiku. Untuk harga produk-produk argan saat di maroko aku sudah lupa pastiya berapa, kalau tidak salah sekitaran Rp 30.000 pokoknya setiap item tidak ada yang lebih mahal dari Rp 50.000. Murah banget kan gengs?

12 komentar :

  1. Owh sampo Wardah itu mengandung Argan dan nyata ya efeknya? Wah, boleh dicoba tuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya seri yang barunya ada beberapa varian dan salah satunya argan

      Hapus
  2. wow harganya sangat terjangkau! yang aku tau produk-produk argan oil harganya mayan lho. kemarin cek skin care argan oil dari korea, gils harganya mayan mahal hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa kan makanya pas di supermarket ada argan murah dan bagus kualitasnya bahagiaaaa

      Hapus
  3. mbaaaa aku skr pake yg nivea argan rose ituuu. sukaaaaak banget.udh fix lah, ga bakal mau ganti2 lotion lain lg. yg nivea argan ini beda banget sih berasanya. kulit memang jd lbh lembab, ga kering samasekali dan lbh halus. aku sukaa :) .

    kalo utk rambut, aku pake argan yg keluaran loreal itu. tp blm nyobain sampoo yg mengandung argan nih. rambutku sdg rontok parah juga. ntr aku cari deh, moga2 bisa cocok ngurangin kerontokan

    BalasHapus
    Balasan
    1. l'oreal hargaya agak lumayan dibanding wardah yaaa hehehe. Oia kalau mau lebih dapet khasiat ngurangin rontok ya pakai yg shampoo pure argan mbak. Lebih berasa banget khasiatnya. Klu wardah kan ini kadar argannya sedikit

      Hapus
  4. Mhhh, jelas ya Argan morroco lbh bagus. Aku rasa Argannya juga bener - bener jadi main ingredientsnya jd campuran cuma untuk bikin awet, konsisten dsb. Ahhh, aku jd pengen coba Argan shampoo untuk rambut rontok. OMG. Rambutkuuuu lg rontok. Mengesalkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalau di maroko, argan itu main ingredientanya bahan lain sebagai aksesoris. Kalau di indo kebalikannya, argannya sebagai aksesorisnya tapi di labelnya paling gede seolah - olah pure argan padahal kan enggak hehehhhe

      Hapus
  5. Saya baru ngeh loh Kak, kalau Wardah ada varian yang mengandung Argan Oilnya.... Hmmm.... Menarik ya, dengan harga seterjangkau itu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa bahagia bangeett jadi bisa shampoan dengan argan dan harganya ramah kantong

      Hapus
  6. Pengetahuan banget ini ka tentang kandungan produk argan, dari beberapa produk aku baru coba wardah hehe.. well note ka tuty senang banget dapat pengetahuan penting gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. masama kak. Pakai wardah juga yaaaa, gimana di kak elly bagus juga ga hasilnya ?

      Hapus

Back to Top