Translate

Sabtu, 10 Maret 2018

Tulisan Berbumbu Cinta Ala Dini Fitria Sukses Membangunkan Kembali ‘My Big Wish’ Yang Sempat Terkubur



Tanpa kusadari air mataku jatuh membasahi pipi. Dadaku terenyuh, sesak kembali menyentuh relung jantungku dan berjuta kenangan indah saat kami tinggal di Maroko kembali memenuhi ruang di kepalaku. Fuuuuuhhhh, aku menghela nafas dalam sembari tersenyum bahagia, bersyukur memiliki waktu yang indah bersama almarhum suamiku di tempat yang tidak pernah kami bayangkan sebelumnya. Kami pernah tinggal di Maroko, negeri Islam dengan segala keramah – tamahannya akan selalu mempunyai tempat khusus di hati. Sebenarnya hal ini melebihi ekspetasiku dari novel ‘Muhasabah Cinta’ karya mbak Dini Fitria. Cerita tokoh Hakima sang mualaf asal Belanda yang ditolong dan tinggal di keluarga Maroko mengingatkanku kepada Keluarga Bakir yang sudah aku anggap seperti keluargaku sendiri. Sara, anak perempuan keluarga Bakir yang imut bak boneka sangat sayang kepada almarhum suami begitu juga almarhum begitu sayang kepadanya. Bahkan kami menganggapnya seperti anak kami sendiri.

Sara, bocah Maroko yang sangat kami sayangi
Perjalanan kisah Diva yang mencoba menyembuhkan hatinya yang terluka dengan cara traveling dan menemukan setiap cerita baru mengingatkanku pada sesuatu. Suatu hal yang terkubur beberapa waktu lalu dalam diriku. Saat masih berseragam putih abu – abu, aku bercita – cita untuk keliling dunia. At least suka berpetualang. Semenjak bertemu dengan suami, mulai dari sejak dekat hingga menikah satu persatu tempat kami jelajahi. Bahkan kami tinggal selama setahun di Maroko yang terletak di Benua Afrika. Kami berencana untuk berpetualang menjelajahi Eropa. Namun saat Sang Kuasa memanggilnya, duniaku menjadi gelap. My Big Wish is turning fade. I lost my path. Bersamamu petualanganku begitu indah, tanpamu semua akan terasa hampa. Kalimat itu terus membayangiku. Hingga aku selalu mengurungkan niat jika beberapa teman mengajakku berlibur. Novel Muhasabah Cinta yang berlatar belakang di Eropa membakar kembali semangatku untuk pergi kesana. 

Status bahagiaku di fb saat diberi surprise oleh suami dan terselip impian kami ke Paris bersama
Traveling membuat kita bertemu orang baru, berbagi kisah baru, membuka pikiran dan melihat sesuatu dari sudut pandang berbeda. Ini merupakan pesan tersirat yang dibuat oleh mbak Dini lewat novelnya. Aku tersadar kembali, My Big Wish tidak boleh padam begitu saja bukan? Because you never know what God plans for you, don’t lose hope. Aku percaya bahwa setiap orang yang hadir dalam kehidupan tidak ada yang kebetulan. Allah SWT ingin kita mengambil pelajaran, mengambil hikmah dari seseorang. Seperti salah satu pelajaran hidup dari suami yang juga merupakan wasiat terakhir almarhum untukku, yaitu rasa syukur.

Untaian kata demi kata serta goresan tulisan wanita muslimah berdarah Padang ini sungguh mempesona. Ia tak hanya menulis tapi membuatku ikut berada pada situasi di dalam novel karyanya. Ternyata memang ada resep khusus untuk menciptakan suatu artikel yang berkesan. Beruntung, aku mendapat kesempatan untuk menggali ilmu secara langsung dari beliau. Workshop Komunitas Indonesian Social Blogpreneur  dengan tema “Menulis Dengan Cinta Bersama Dini Fitria” sukses dilaksanakan pada tanggal 6 Maret lalu.

Mbak Dini Fitria sedang beraksi
Setiap tulisan yang memiliki rasa di dalamnya membuat tulisan menjadi beda dari lainnya. Ada hal menarik yang membuat para pembaca tidak bosan membaca tulisan hingga ke titik akhir. Resepnya adalah dengan menambahkan ‘Features’. Features adalah sebuah cerita berdasarkan fakta, bukan fiksi. Features is all about emotions. Features is taste. “Menulis itu tak hanya menuangkan apa yang kita pikirkan tapi juga apa yang kita rasakan”, kata Mbak Dini Fitria seraya membuka workshop.

Salah satu feature yang menarik adalah Storytelling. It means show but not tell. Mengajak pembaca untuk berimajinasi. Storytelling membuat pembaca merasa jadi bagian dari cerita. Lebih menyentuh hati dan meninggalkan kesan yang dalam. Perbanyaklah membaca buku dan novel untuk memperkaya pembendaharaan kata sehingga semakin lihai dalam menyusun kalimat yang indah.

Wanita yang sudah gemar membaca buku filsafat sejak kecil ini menuturkan setidaknya ada 7 butir ciri – ciri dari feature stories :

Bertutur
Bercerita santai mengalir seperti sedang bercerita di depan temanmu. Gunakan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti.

Deskriptif
Coba deskripsikan dengan panca indera. Apa yang kamu lihat, apa yang kamu rasakan untuk membuat pembaca berimajinasi dan ikut hanyut ke dalam cerita.

Informatif
Memberikan informasi yang jelas dan bermanfaat. Pada novel Muhasabah Cinta, Diva si tokoh utama melakukan perjalanan ke Amsterdam. Di dalam novel mbak Dini juga menyelipkan tentang seputar info tentang perkembangan islam di negara tsb. Informasi ini berupa fakta.

Gaya Penulisan
Milikilah karakter tersendiri pada setiap tulisan. Contoh yang paling sederhana adalah menyebutkan diri sendiri dalam tulisan. Jangan di awal tulisan kamu menyebut dirimu dengan ‘gw’ lalu di tengah berubah menjadi ‘saya’ eeeeeh di akhir malah berubah lagi menjadi ‘aku’.

No Need Exactly 5W + 1H
Struktur tulisanmu tidak harus kaku dengan formula Who, Where, When, Why, What and How. Cukup dengan why, what and how saja juga tidak apa-apa. Asal pembaca menangkap isi dari tulisanmu.

Human Interest
Membuat tulisan menjadi lebih personal dengan mengambil sisi humanity-nya. Mantan jurnalis ini memberi contoh menambahkan feature dari hard news berupa kecelakaan kereta. Human interest yang dikembangkan adalah cerita tentang calon pengantin yang menjadi korban kecelakaan. Segala sesuatunya sudah dipersiapkan sayang ajal lebih dulu menjemputnya. Kita bisa menarik simpati dari keadaan korban.



Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat tulisan yang menarik adalah dengan adanya premis. Premis adalah benang – benang yang mengikat seluruh poin dalam tulisan sehingga menjadi satu kesatuan. Biar isi tulisanmu tidak kemana - mana. Premis membantu tulisanmu menjadi lebih terstruktur dan goalsnya jelas. Gunakan kalimat yang clear, fresh dan interesting.

Anyway tentang My Big Wish, kebetulan banget bulan ini BliBli sedang ada promo yang juga bertemakan My Big Wish. Periode promo 5 – 26 Maret 2018 dan dibagi menjadi beberapa kategori promo. Untuk tanggal 5 - 14 Maret  sedang ada promo cashback Rp 200.000 dan tambahan diskon 15% untuk travel fair deals seperti tiket pesawat, kereta, hotel bahkan beberapa brand koper ternama sedang menawarkan diskon hingga 81 %. Setelah itu tanggal 15 dan seterusnya akan ada promo yang berbeda lagi. Cuss langsung cek ke #BlibliSekarang sebelum kelewatan. 


Tidak hanya bertebaran diskon, promo My Big Wish juga mempunyai Grand Prize yang sungguh menggiurkan. Hadiah yang ditawarkan adalah Gratis Liburan Sepanjang Tahun, Paket Liburan Pasangan, Nonton Final Kompetensi Sepakbola Terbesar Di Dunia, Mobil Mitsubishi XPander dan Gadget Terbaru. Sssstt menurut bocoran acara kemarin sih gadget yang akan diberikan adalah Samsung Galaxy S9 yang baru saja launching lho girls ! Woooww, most of the prize are traveling, My Big Wish ! Cara ikutannya sangat mudah, kamu cukup login dan berbelanja minimal Rp 300.000 maka kamu berhak mendapat 1 wish token untuk ditukarkan pada akhir periode program dengan hadiah Grand Prize Big Wish. Girls, wish me luck ya !

Di tengah acara,  Zoya Cosmetics mengadakan demo makeup. Tema yang dtampilkan adalah Natural makeup yang bisa digunakan untuk ke kantor setiap hari atau yang saat ini sedang heboh sebagai wedding makeup ala Putri Marino. Kalau wanita lain ingin terlihat pangling, dia malah ingin tampil biasa aja dan terlihat apa adanya seperti dirinya.




Brand dengan tagline Halal, Safe & Natural ini memiliki tempat tersendiri di hatiku. Aku sudah mencoba beberapa produk dari Zoya. Makeup maupun skincare mereka aman untuk kulit yang sensitif sepertiku. Menurutku, beberapa produk Zoya juga aman untuk ibu hamil karena tidak mengandung paraben. Nah ini yang patut diacungi jempol girls, jarang sekali lho brand lokal yang bebas paraben apalagi dengan harga yang sungguh membuat hati bergembira. Good news ! Zoya baru launch produk barunya yang bernama Zoya Lip Essence. Walau namanya Lip Essence tapi cara kerja produk ini mirip seperti Lip Sleeping Mask.

Goodie Bag dari Zoya
Thank you Komunitas ISB atas kesempatannya untuk bisa bergabung dengan workshop yang sangat berfaedah meningkatkan skill para blogger. Terima kasih juga kepada para sponsor yang telah mendukung kesuksesan acara ini. Last but not least, terima kasih Mbak Dini Fitria atas ilmu yang bermanfaat. So girls, semoga skill menulisku semakin baik ya. See yaaa !



Back to Top