Translate

Senin, 14 September 2015

My Acne Story - Part 4




Assalamualaikum girls...



Sejak tahun baru 2015, aku ikut suami tinggal di Palembang. Aku juga memutuskan untuk berhenti menggunakan krim dokter Dr Adiana Muniarti SPKK. Review tentang dokter ini bisa kamu baca  disini . Jangan lupa juga baca part 1 dan part 2 yaaa…

Saat di Palembang, aku niat menjalani pola hidup yang sehat. Sewaktu di Jakarta, aku jarang malah hampir tak pernah berolahraga. Senin – jumat kerja sedangkan weekend jika tak lembur aku gunakan untuk bersantai atau tidur, hehehe. Di Palembang aku lari pagi 2 hari sekali atau seminggu sekali, tergantung cuaca karna terkadang hujan pada pagi hari. Aku tinggal di daerah Pusri, persis seperti kebun raya bogor. Pohon – pohon besar membuat udara sangat sejuk. Polusi Palembang memang tak separah Jakarta. Oia, di Palembang ini aku sudah tidak bekerja lagi, full menjadi ibu rumah tangga. Kesempatan ini tak mau aku sia-siakan untuk mulai menata peraturan baru.

Rules :


1. Tidak ada tidur malam atau begadang, maks jam 10 malam. Di Jakarta aku selalu tidur diatas jam 23.00. Jam 23.00 adalah jam tidurku paling cepat. Jika weekend kadang aku baru tidur jam 3 pagi.
2. Olah raga teratur. Okay aku jarang sekali olah raga bahkan hampir tidak pernah, hehhee.
3. Minum air putih yang banyak. Di kantor aku lebih suka minum kopi atau teh. Di rumah kadang aku juga jarang minum.
4. Perbanyak makan buah dan sayur. Aku sangat susah makan sayur. Satu – satunya sayur yang kusuka ya cuma kangkung, hehhee. Buahpun hanya suka pisang.

Aku konsultasikan hal ini kepada suami, beliau sangat suka dan mendukung sepenuh hati terutama poin no.1 karna dia memang dari dulu tak suka kebiasaanku tidur malam..

Semua peraturan yang kubuat sendiri memang simple, tapi percaya deh itu semua susaaaaahh aku lakukan apalagi ini semua menyangkut habit yang sudah lama aku lakukan.

Satu minggu pertama benar – benar membuat badanku pegal – pegal semua. Badan yang tak biasa olah raga tiba – tiba harus berolah raga, memasak, membersihkan rumah, mencuci, memasak lagi. Anak mommy yang satu ini tak pernah kerja rumahan sebelumnya, begitu menjadi seorang istri harus melayani suami dan menyiapkan segala urusan rumah tangga sendirian. Beruntung suamiku orangnya sangat pengertian dan selalu membantu. Beberapa kali suami menawarkan untuk menggunakan jasa pembantu rumah tangga. Bagiku untuk apa, toh saat ini hanya hidup berdua saja. Pada akhirnya sampailah pada titik dimana aku harus melakukan itu semua sendiri, rasa sayangku pada suami yang akhirnya menggerakkan diriku untuk berubah dan mulai menikmati semua ini. Aku mulai belajar masak, belajar makan sayur dan buah. Beruntung punya tetangga yang sangat konsen memilih bahan makanan yang sehat. Banyak belajar dari beliau, beliau punya anak balita berumur 10 bulan namanya Hilya. Belum pernah aku bertemu ibu yang sangat konsen dengan makanan anak. Well, ibu yang satu ini menyiapkan segala sesuatu makanan bayi sendiri, mulai dari membuat menu utama, snack, sampai pudding. Semuanya menggunakan bahan dari buah & sayur dan tanpa garam tanpa msg lhooo, diet sehat namanya. Aku pertama kali belajar makan berbagai macam buah & sayur ya bareng anaknya, ikut makan makanan buat hilya. Lama kelamaan jadi terbiasa makan buah & sayur, hehhee..

Sebulan struggling mati – matian dengan semua rules, akhirnya aku berhasil, whoooaaaa..
1. Tidur malam sekitar jam 9 – 10 malam. Kecuali malam – malam tertentu tengah malam bangun karna ada ‘tugas negara’ hahhaaaa. Ini juga bisa sebagai olah raga rutin lhoo. Malah menurutku ini olah raga terbaik, selain banyak mengeluarkan keringat juga menghasilkan hormone oxytoxcyn yang bagus untuk kesehatan juga
2. Aku mengganti jogging sebagai olah raga rutinku. Cuaca di Palembang memang suka hujan di pagi hari, jadi aku menggantinya dengan olah raga indoor saja. Aku memakai aplikasi android. Cobalah aplikasi Buttock. Olah raga ini simple tapi sukses bikin keringetku ngucur. Selain itu aq juga rutin ‘olah raga malam’ bersama suami, hehhe..
3. Minum air sebanyak yang aku ingat. Aku memakai botol ukuran besar dan harus habis minimal 2 botol tiap harinya. Skip coffee or tea just mineral water & some milk.
4. Setiap 2 atau 3 hari sekali ke pasar dan seminggu sekali ke pasar swalayan untuk belanja berbagai macam buah yang belom pernah aku makan sebelumnya. Aku juga menambahkan oat sebagai sarapan pagi. Teratur mengkonsumsi oat membuat kulit mukaku yang berminyak sangat berkurang.

Oia kampanye pola hidup sehat ini juga aku dedikasikan untuk mulai program hamil. Kami sudah menikah selama setahun tapi percaya atau tidak baru kesempatan kali ini kami hidup satu atap bersama – sama selama sebulan lebih. Sebelumnya kami LDR, yaahh 6 tahun pacaran LDR dan menikah juga masih LDR, that’s why I call myself  LDR expert, hahhaa.

Balik ke skincare, aku  tak mau memakai krim yang macam – macam lagi. Lebih tepatnya sebenarnya aku tak menggunakan krim apa – apa. Lepas dari krim dokter aku takut jika harus menggunakan krim-krim di drugstore yang kebanyakan entah kenapa selalu membuat kulitku breakout. Aku hanya menggunakan facial wash dari Mazaya, jika ingin pergi aku cukup menggunakan CC Cream Bourjois,item ini menjadi produk favoritku. Satu item sudah cukup mengandung pelembab, spf dan coverage yang oke, jadi tak perlu ribet. Untuk make up remover cukup menggunakan Bioderma. Jika ada jerawat kecil aku cukup oleskan Tea Tree Oil The Body Shop. Simple banget kan peralatan skincareku??

The most amazing moment happens. My face is really better and better. No bumps, acne, minyak di wajah juga berkurang, muka terlihat lebih cerah. Bahkan dengan cc cream tipis saja sudah membuatku percaya diri untuk keluar rumah. Amazing dengan hasilnya, hidup sehat yang aku jalani benar – benar membuahkan hasil yang sangat memuaskan. Oia bekas jerawatku juga memudar. 




Jika kamu memiliki masalah jerawat yang tak kunjung usai, tak ada salahnya kamu mencoba 4 rules yang aku buat di atas.

Abaikan kamar yg sangat berantakan hehhee..
Foto diambil tanpa filter atau editan

Aku hanya menggunakan cc cream Bourjois

2 bulan aku berada di Palembang, aku merasakan hidupku sangat teratur dan nyaman. Kulit mukaku juga tak rewel seperti dulu lagi. Karna aku belum juga hamil, akhirnya kami memutuskan untuk menjalani program hamil dengan dokter Oryza SPOG. Kami diberi berbagai macam vitamin, salah satunya adalah vitamin E dosis tinggi yaitu 400iu. Vitamin E ini bagus untuk kesuburan Rahim. Namun memberi efek jerawat di aku. Aku tetap mengkonsumsi vitamin ini karna yang aku perdulikan hanya program hamil. Jerawat yang timbul berbeda dari jerawat sebelumnya. Jerawat kali ini adalah jerawat besar tanpa mata. Jerawat tipe seperti ini lama pecahnya dan sakit jika tersentuh. Tea tree oil yang biasa kugunakan juga tak ampuh lagi membasmi jerawat. Jerawat tumbuh subur di mukaku. Green tea yang sering kupakai juga tak ampuh membasmi jerawat. Jerawat kali ini memang benar – benar bandel. Aku cuma bisa pasrah aja.



Singkat cerita, 2 bulan kemudian aku telat haid sampai 4 minggu,tapi aku tespek hasilnya selalu negative. Aku periksakan kondisiku ke dokter Kalsah Nugroho Ariyanto SPOG. Beliau bilang aku memang negative, dan harus mengkonsumsi obat hormone selama 3 bulan lamanya non stop. Sudah kutebak, obat hormone ini membuat jerawat makin subur. Semua rules yang awalnya berhasil menjadi berantakan. Tak masalah jika aku harus berjerawat lagi dan membuat mukaku yang sudah hampir mulus harus memiliki banyak bekas jerawat lagi, semua demi hadirnya seorang anak dalam rahimku. Ternyata tuhan berkehendak lain, baru sebulan aku menjalani terapi hormone, suamiku ditugaskan ke Maroko. Well, kita LDR lagi ya sayang…
Back to Top