Translate

Minggu, 19 Mei 2019

Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Untuk Maksimalkan Ramadhan


Marhaban ya Ramadhan. Ramadhan itu sudah pasti identic dengan bulannya orang Islam puasa di siang hari dan tarawih pada malam hari. Nah sebenarnya tak hanya itu saja gengs. Mumpung masih di awal Ramadhan,Aku mau sharing ke kalian hal yang perlu kamu ketahui agar kita bisa memaksimalkan bulan ini dengan sebaik – baiknya.


1.       Set Target Ibadah
Apa saja yang ingin kamu capai selama bulan Ramadhan ini. Set targetmu dan upayakan untuk mencapainya.. Misal target ibadah : khatam Al – Qur’an. Nah aku juga ada tips cara mudah khatam Al – Qur’an selama sebulan. Lalu Full tarawih di masjid, Tahajud setiap sebelum sahur, Santunan anak yatim dan masih banyak lagi. Jadi intinya kamu punya point – point yang harus kamu kejar selama Ramadhan ini.

2.       Fokus Mencari Amal Sebanyak – banyaknya
Jadikan bulan ini sebagai bulan untuk berlomba dalam meraih sebanyak - banyaknya amal pahala. Apalagi semua pahala di bulan ini dilipatgandakan nilainya. Ingatlah selama 11 bulan sebelumnya kita telah membuat banyak sekali dosa. Maka di bulan penuh rahmat ini focus mengejar pahala untuk mengalahkan berat timbangan dosa dan semoga amal tsb bisa menghapus dosa – dosa kita. Kurangi tuh scrolling feed IG berlama – lama, kurangi stalking fb mantan.

3.       Silaturahmi
Perbanyak silaturahmi juga merupakan amal kebaikan. Pasti banyak kan undangan bukber?

“Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi”

Tapi perlu diingat juga nih yaa gengs, perhatikan juga kewajiban lainnya yang penting. Jangan sampai karena alasan bukber di restoran yang jauh lalu kita tidak shalat magrib dan tidak keburu shalat tarawih di masjid.


4.       Jaga Lisan
Tahan, rem mulut kita dari kata – kata yang tidak baik. Misal nih yang sering banget kita dengar sehari – hari,kita kadang sebut Anjing*** Babi*** kalau lagi becanda, kaget atau kesel misalnya. Ganti dengan nama binatang yang imut, misal Panda, Kelinci. Lebih bagus lagi kalau kita mulai terbiasa dengan menggantinya dengan Astagfirullah.

Suatu hari Rasulullah Saw. ditanya, “Siapakah Muslim yang paling utama?” Beliau menjawab,“Orang yang bisa menjaga lisan dan tangannya dari berbuat buruk kepada orang lain.” (HR. Bukhari)

5.       Jauhi Maksiat
Masa iya di bulan suci ini kamu masih mau melakukan maksiat? Lebih baik cari pahala kan. Contoh maksiat yang sering kita anggap remeh tuuh ghibah. Ngomongin temen sekantor, boss, atau sekedar bahas lambe turah dan akun gossip lainnya. Huss husss buruan unfollow akun gossip gaes. Trus kalau di kantor mulai terpancing buat ghibah, langsung buru – buru istigfar trus pergi aja.

6.       Mencari Ampunan Dari Allah
     “Siapa saja yang shalat pada malam lailatul qadr karena iman kepada Allah dan mengharap pahala, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni. Dan siapa saja yang berpuasa Ramadhan karena iman kepada Allah dan mengharap pahala, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Imam Bukhari). Jangan sampai kita terlewat mendapatkan kesempatan emas, yaitu mendapat ampunan dari Allah. Itu adalah sebenar-benarnya kemenangan Ramadhan menurutku.



      So that’s it sharing aku kali ini, semoga bermanfaat dan ayooo kejar reward pahala sebanyak – banyaknya !

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Back to Top