Translate

Sabtu, 22 Desember 2018

Hijrah Bersama Sasha Halal Toothpaste


Akhir – akhir ini kata ‘Hijrah’ sedang naik daun. Kita sering mendengar kata ini sering disebut orang. Apalagi di kalangan artis dan selebriti banyak yang menggaungkan kata ini. Bahkan beberapa waktu lalu ada Hijrah Fest. Tapi kamu sendiri taukah apa makna hijrah ?



Menurut Ibnu Hazm, hijrah adalah taubat meninggalkan segala dosa – dosa, meninggalkan segala maksiat yang dilakukan. Sedangkan menurut Ibnu Rajab al Hanbali hijrah adalah meninggalkan dan menjauhkan keburukan, untuk mencari, mencintai dan mendapatkan kebaikan.

Bisa disimpulkan bahawa hijrah merupakan berpindah dari keburukan kepada kebaikan. Menurut Al – Qu’an dan hadist, hijrah itu wajib hukumnya. Contohnya adalah proses hijrah Rasulullah dari Mekah ke Madinah yang Allah perintahkan pada QS. Al – Israa (17) : 76.

Aku sendiri masih terus berproses untuk hijrah. Menurut Ummu Balqis, hijrah itu harus total jangan setengah – setengah. Kalau dulu awal aku berhijrah dengan menggunakan hijab, itu masih belum paham betul makna hijrah. Hanya sebatas menutup aurat saja. Padahal seharusnya perbaikan cover jadi starting point perbaikan lainnya.

Turning poinku adalah ketika almarhum suamiku meninggal. Melihat langsung dengan mata sendiri bagaimana suamiku meninggal, membuatku sadar. Sudah punya bekal akhirat berapa banyak? Hal ini sangat menusuk hatiku.

Allah SWT sungguh sayang kepada suamiku, aku melihat proses hijrah suamiku. Bodohnya aku, aku tidak pernah melihat itu semua dengan mata terbuka. Aku baru sadar dan paham setelah alm telah pergi. Waktu itu kata hijrah belum booming. Beliau pelan – pelan mengajakku ke arah yang lebih baik tapi aku kurang peka atau tepatnya masih belum masuk ke hati sehingga masih suka malas – malasan.

Saat suamiku meninggal, Allah tunjukkan kuasaNya. Banyak sekali keajaiban yang Allah perlihatkan kepadaku. Kun fayakun, jika Allah berkehendak maka terjadilah.  Kehadiran Allah sungguh dekat dan seolah – olah membuka lebar tanganNya untuk merangkul diriku yang sedang rapuh. Maka aku putuskan untuk hijrah, dengan arti serius berhijrah.

Hal pertama yang aku lakukan adalah perbaikan cover diriku. Aku mulai memakai gamis dan hijab yang menutup dada, terkadang aku juga senang menggunakan khimar. Sudah tidak  lagi memakai turban dan celana jeans ketat. Awalnya memang merasa gerah, apalagi di Jakarta yang panas. Tapi karna niat hijrah kukuatkan, alhamdulillah sekarang malah malu kalau keluar rumah memakai celana yang memperlihatkan lekukan kaki.

Tinggalkan maksiat dan mulai mengejar ladang pahala lainnya selain yang wajib. Sunah Rasul itu sangat banyak. Banyak sunah Rasul yang simpel, mudah dan tentunya bernilai pahala di mata Allah. Contohnya adalah sunah Rasul dalam tata cara minum. Ustad Khalid Basalamah dalam ceramahnya berkata,  minumnya orang beriman terdapat 3 pahala di dalamnya. Tentunya cara minumnya sesuai dengan sunah Rasulullah. Pertama, minum dalam keadaan duduk, pegang gelas dengan tangan kanan. Ucapkan basmalah lalu minum dan terakhir ucapkan hamdalah setelah selesai. Nah kan, hal ringan seperti itu saja bisa menjadi tabungan pahala kita.

Sunah Rasul lainnya adalah bersiwak. Kalian pasti sudah tidak asing dengan  hadist, “At thuhuuru syatrul imaan (HR Muslim), kebersihan adalah sebagian dari iman”

Nabi Muhammad senang membersihkan gigi dengan cara bersiwak. Rasulullah bersabda, “Seandainya tidak menyulitkan umatku, aku akan memerintahkan mereka menggunakan siwak setiap kalu mereka akan salat.”



Siwak adalah ranting kayu pohon siwak atau Salvadora Persica yang digunakan untuk membersihkan gigi secara tradisional di banyak negara Timur Tengah dan Afrika. Biasanya kalau sodara atau tetangga pulang umroh sering nih dapat oleh – oleh siwak. Aku punya siwak asli tapi belum tau cara menggunakannya seperti apa.

Nah kebetulan aku mendapat undangan untuk Blogger Gathering bersama Sasha. Aku tertarik sekali karena Sasha merupakan pasta gigi halal yang mengandung siwak asli. Selain itu tema acaranya juga bertajuk tentang Hijrah, dengan pembicara Ummu Balqis as founder dan sekaligus Kepala Sekolah Bengkel Diri. Bengkel diri adalah kuliah online Islam dengan bahasan lengkap dunia akhirat dengan korelasi jaman now, dimana aku juga student dari bengkel diri. Lalu ada kak Lulu Elhasbu, founder Zaura Model, modeling berbasis wanita muslimah pertama di Indonesia dan juga seorang designer. Selain itu itu ada Drg. Amalia Sarah dan kak Danti perwakilan dari Sasha.



Acara yang berlangsung pada hari Jum’at 30 November 2018 ini dihadiri oleh para blogger yang terhimpun dalam Hijab Influencers Network. Senangnya bisa bersilaturahmi dengan sesama blogger. Restaurant The Hook siang hari itu ramai dengan chit chat seru kami.




Kak Lulu Elhasbu menceritakan tentang proses berhijrahnya yang terus- menerus tanpa berhenti karena memang berhijrah itu adalah proses yang berkelanjutan dan akan berhenti saat ajal menjemput nanti. Ummu balqis bercerita tentang hikayat hijrah. Seperti di awal, hijrah memang harus total. Bisa dimulai dari hal kecil dulu, kita bisa mulai konsen dengan produk sehari – hari yang kita pakai. Apakah sudah menggunakan produk halal atau belum. Beruntung Indonesia memiliki MUI sebagai lembaga sertifikasi halal yang menjadi kiblat dunia. Jadi produk yang sudah mendapat sertifikasi halal MUI sudah pasti terjamin produk tersebut halal thoyyiban. Alhamdulillah Sasha sudah mengantongi sertifikat tersebut.

Dalam ilmi kedokteran modern, siwak ini memang terbukti mengandung astringents yang tinggi sebagai zat yang ampuh membunuh bakteri dan mencegah infeksi. Selain itu siwak juga mengandung mineral – mineral alami yang dapat menghilangkan plak, mencegah gigi berlubang dan memelihara gusi.




Menurut Kak Danti sebagai tim dari Sasha, Sasha halal toothpaste ini mengandung siwak asli, jadi bukan flavour ya gengs. Sasha memiliki 2 varian yaitu Sasha Herbal yang berwarna gold dan Sasha Whitening yang berwarna putih. Aku sudah hampir seminggu mencoba kedua pasta gigi.  Yuk kenalan dengan mereka.



Review Sasha Halal Toothpaste


Sasha Herbal, Natural Antibacterial Protection


Varian gold ini mengandung siwak dan daun sirih sebagai proteksi maksimal melawan bakteri penyebab plak dan bau mulut, merawat kesehatan gigi dan gusi. Pasta giginya berwarna kecoklatan dengan serpihan asli siwak dan ekstrak daun sirih. Pasta gigi ini mengandung flavor sehingga bau daun sirih dan siwak asli tidak tercium. Aku senang sekali karena sejujurnya aku tidak terlalu suka bau daun sirih yang cukup tajam.  Pasta gigi sasha gold beraroma segar herbal dan aku masih bisa mencium selentingan bau khas siwak.



Jika bersiwak dengan siwak asli, maka saat pertama kali pemakaian akan ada sensasi seperti terbakar. Hal ini yang aku alami juga saat memakai sasha gold. Tiba – tiba saja saat sikat gigi, gusiku berdarah. Untungnya tidak banyak darah yang keluar dan tidak sakit, tidak perih atau tidak sampai mengalami sensasi terbakar. Pada pemakaian ketiga barulah sudah mulai bersahabat dan tidak mengeluarkan darah lagi. Siwak dan daun sirih sukses membuat nafasku segar lebih lama. Kini menjadi pasta gigi favoriteku.


 Sasha Whitening, Double Repair Protection



Varian berwarna putih ini mengandung siwak, lemon dan garam yang dapat membuat gigi tampak lebih putih alami dan merawat kesehatan gigi dan gusi. Pasta giginya berwarna putih dengan aroma seperti pasta gigi umumnya. Secara general, aku merasa seperti menggunakan pasta gigi biasa yang banyak di supermarket. Hanya saja aku mendapat manfaat lebih dari kandungan siwaknya. Pasta gigi ini cocok untuk kalian yang tidak suka dengan aroma herbal siwak yang khas. Mamaku sangat menyukai sasha whitening. Menurutnya, pasta gigi halal ini enteng dipakai. Aku setuju, karena tidak ada after taste setelahnya. Jadi seperti tidak meninggalkan residu setelah sikat gigi.





Kedua pasta gigi ini juga dilengkapi dengan fluoride dan calcium untuk membantu mencegah gigi berlubang dan menjaga kekuatan gigi. Pasta gigi sasha juga aman digunakan pada anak dibawah 6 tahun dengan takaran seukuran biji jagung dan dibawah pengawasan orang tua.




Bagaimana gengs, tertarik untuk bersiwak kekinian bersama sasha toothpaste tidak ? Produk sasha sudah bisa kalian temukan di berbagai supermarket atau bisa juga kalian beli online di marketplace. Untuk info lebih lanjut kalian bisa kepo akun sosmed Sasha yaaa.




Instagram : @sashaindonesia

61 komentar :

  1. Bersabar terus ya tuty sayang.. in sya Allah bisa terus istiqomah dijalan Allah SWT.. Alhamdulillah ya ada sasha yang menemani proses hijrah kita pasti halal dan mengandung siwak asli

    BalasHapus
  2. Oh pantesan, pas saya pertama kali cobain yang gold, rasanya di gigi malah kurang nyaman. Ternayta efeknya memang seperti itu, ya. Setelah saya cobain beberapa kali, gak ada masalah

    BalasHapus
  3. Semoga hijrahnya dimudahkan dan istqomah ya Mba Tuty, doakan aku juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak mari kita bergandengan tangan dan saling menguatkan proses hijrah kita kak. Peluk jauuhhh.

      Hapus
  4. Senang banget dengan Sasha Toothpaste ini akh mbak tuti... segera di mulut dan nyaman banget.. apalagi yang herbal favorit banget

    BalasHapus
  5. Aku baru kenal Ummu Balqis di event ini dan langsung follow IG beliau, Tuty.

    BalasHapus
    Balasan
    1. adeeemm yaa mbak isi IG nya, paling seru adalah bahasan tentang adab suami istri hehehe

      Hapus
  6. Aku pakai nih pasta gigi Sasha, segar gitu yaa rasanya mulut

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul sekali dan lucunya setelah terbiasa pakai sasha terus pakai pasta gigi lain tuh rasanya jadi beda. Lebih enak sasha

      Hapus
  7. Saya mau coba nih tapi kalau mempunyai gigi sensitif bisa ga ya mba

    BalasHapus
  8. wah perlu dicoba nih pasta gigi Sashanya eh tapi kalo di desa belum ada ya harus online

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kurang tau mas tapi kalau di jakarta sudah masuk ke supermarket kok sekarang

      Hapus
  9. Hijrah dimulai dari hal yang kecil dan dari diri sendiri ya termasuk urusan body care ini ya kak. Semoga Allah mudahkan ya

    BalasHapus
  10. Aku juga suka banget mbak sama Pasta Gigi Sasha. Baru pertama kali nyobain dan langsung suka. Semoga ini jadi langkah kita untuk mengawali hijrah ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin aamiin semangat terus berhijrah ya mbak

      Hapus
  11. Siwak ini sekilas mirip dengan kayu manis ya ka.. btw, aku kenal sasha sejak 1 bulan lalu.. karena penasaran, aku beli langsung 2 varian hehe yang whitening untuk aku (secara penikmat kopi) dan yang herbal untuk suami aku, Alhamdulillah so far cocok dan kami merasa lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa kak memang enak. Kalau udah pakai ini trus coba pake pasta gigi lain pasti jadi terasa beda deh. Lebih enak sasha

      Hapus
  12. Wuihhh, kalo ada produk halal gini, semakin semangat utk hijrah secara kaffah
    Kindly Visit my Blog: https://bukanbocahbiasa.com

    BalasHapus
  13. Jadi penasaran sama Sasha ini. Pernah sih mencoba siwak yang asli, walau enak rasanya tapi agak ribet yaaa... :) Kayaknya paling oke pakai sasha yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku ada siwak asli di rumah ni mbak tapi belum dipakai, gimana cara pakai pertama kalinya yaaa hehehehe

      Hapus
  14. Seneng ya ada pilihan pasta gigi yang aman untuk muslim dan muslimah

    BalasHapus
  15. kok gemes sih, tp aku juga pemakai sasha dan suka banget sama produknya

    BalasHapus
  16. aku seneng banget deh bisa rutin bersiwak kekinian pake sasha :D praktis banget dan ternyata biasa aja after tastenya hehehe ga semengerikan awalnya yg aku bayangin. Btw semoga perjalanan kita berproses jd manusia yg lebih baik dimudahkan ya ka :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin aamiin, yuk sama - sama hijrahnya

      Hapus
  17. Aku baru tahu ada pasta gigi halal dari sasha jadi pengen cobain deh. Btw semiga istiqomah yah mbak cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. masyaallah terima kasih kaka cantik. Ayo kak cobain deh, dijamin pasti kepincut hehehhee

      Hapus
  18. Semoga hijrahnya dimudahkan ya, Mbak. Turut mendoakan. Tetap semangat juga. Ngomong-ngomong tentang manfaat kayu siwak, katanya emang bagus banget buat bikin gigi putih dan sehat. Cuma ya itu, saya kemarin juga udah coba dan masih perlu membiasakan diri dengan rasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin terima kasih kak. Iya memang siwak ada rasa khasnya, lama kelamaan juga jadi terbiasa nanti kak

      Hapus
  19. Sebagaimana sunah rasul siwak merupakan tumbuhan yang memiliki khasiat maksimal untuk kesehatan dan kebersihan gigi. Sekarang bahkan bisa menggunakan dgn cara yg lebih praktis

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak alhamdulillah di era semakin modern ada juga yang memikirkan produk sunnah rosul

      Hapus
  20. Aku jadi rutin pakai Sasha ini lho kak -- yang whitening, karena enak banget di gigiku rasanya. Asli deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama kya mamaku yaa seneng pakai sasha whitening, kalau aku lebih suka yang herbal hehehe tapi bukan berarti yg whitening ga enak lho ya

      Hapus
  21. wah pengen nyobain yang varian siwak lemon garam dah. penasaran kaya apa efeknya ke gigi. dan pasti seger ini ada rasa lemon2nya. dikasih es seger itu. hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini pasta gigi kak bukan es campur hahahaa

      Hapus
  22. Aku juga pakai, awalnya ga suka sih. Apalagi busanya memang sedikit. Tapi lama2 biasa koo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. malahan kalau udah sering pakai sasha pas balik ke pasta gigi biasa jadi kok ada yang kurang yaaa

      Hapus
  23. Hijrah itu memang yang paling susah untuk tetap Istiqomah ya. Semoga kita selalu istiqomah menjalaninya. Amin!
    Saya sudah sering melihat pasta gigi ini dan pengen segera nyobain deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin aamiin iyaa memang istiqoah yang susah, tetap semangat pokoknya

      Hapus
  24. Balasan
    1. silakan dicoba kak dan rasakan sendiri bedanya

      Hapus
  25. Dari kedua Sasha ini, aku paling suka yang Herbal. Bikin segar mulut. Akhirnya sekarang aku sudah hijrah menggunakan Sasha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. toos mbak aku juga lebih suka yang varian herbal

      Hapus
  26. Semangat terus ya dalam hijrahnya.. betewe pasta gigi ini blom dijual bebas yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin kak terima kasih. Sudah masuk di beberapa supermarket besar kok kak

      Hapus
  27. Aku suka kedua variannya Sasha. InshaaAllah pakai Sasha, sekalian memenuhi sunah Rasulullah ya.

    BalasHapus
  28. Pas belanja bulanan kemarin, aku cari ini tapi gak ada. Hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oia kak? Di Aeon store deket rumah sih bulan lalu aku sudah liat ada kak

      Hapus
  29. waaa ku beneran pengen cobain deh toothpaste ini, makasih banyak infonya Tuttt...

    BalasHapus
  30. Aku salut lho atas ketegaran dirimu ketika ditinggal alm suami.. ngga kebayang kayak gimana kl langsung mengalami, tapi alhamdulillah Allah selalu memberikan kekuatan ya Tuty :) Aku jg pelan2 hijrah & mengikuti sunnah Rasul diantaranya pake pasta gigi sasha yg memakai serpihan siwak asli. Semoga kita selalu diberikan kemudahan untuk hijrah ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah masih diberi kekuatan sama Allah kak. Aaamiin semoga kita istiqomah dalam hijrah kita yaa kak

      Hapus
  31. hati tenang ada yang halal ya mbak :)

    Semoga mbak Tuty selalu sehat dan tabah menjalani hidup :)

    BalasHapus

Back to Top