Translate

Jumat, 09 November 2018

Membangun Kembali Palu Pasca Gempa Bersama BUMN dan Bank Mandiri


Gengs, tanggal 28 September lalu  saudara kita yang berada di Palu dilanda bencana gempa. Gempa berkekuatan 7,4 sr itu juga mengakibatkan tsunami yang menelan banyak korban. Setelah sebulan berlalu, bagaimanakah kabar saudara kita sekarang ? Kini kota Palu dan sekitarnya mulai berbenah, mulai bangkit kembali. Beberapa lokasi yang terkena dampak parah mulai dibangun. BUMN bersama Bank Mandiri ikut membantu memulihkan kota Palu dan sekitarnya. Berikut liputan yang bisa aku sharing ke kalian gengs.


Desa yang mulai dibangun kembali yaitu Desa Lolu dan Desa Sibalaya, Kecamatan Tanambulava, Kabupaten Sigi. Bank Mandiri membantu saudara – saudara kita untuk bangkit dengan berbagai program pasca bencana.

sumber : jadimandiri.org
Direktur Utama Bank Mandiri Ibu Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pascagempa yang melanda sejumlah daerah di Sulawesi Tengah, Bank Mandiri terus berperan aktif dalam mengelola bencana, baik pada tanggap bencana maupun proses rehabilitasi.

Sumber : jadimandiri.org
Pada tanggal 30 Oktober Menteri BUMN, Ibu Rini Soemarno bersama Pak Tiko selaku Dirut Bank Mandiri meninjau langsung Desa yang dibangun kembali oleh Bank Mandiri. Bu Rini juga mencicipi makanan yang dibuat di dapur umum. Menu special hari ini yaitu Kaledo, makanan khas Palu. Desertnya pun tak kalah special yaitu durian jumbo asal Parigi. Sembari makan, Bu Rini mengenalkan para direktur dan direksi BUMN kepada warga. Mereka dan wargapun ngobrol santai tanpa ada rasa canggung. Selesai makan, Bu Rini bersama rombongan meninjau langsung program pasca bencana Mandiri yang sebagian sudah selesai dibangun.

Sumber : jadimandiri.org


Rumah Sementara

Bank Mandiri membangun 250  rumah hunian sementara yang saat ini sudah bisa ditinggali. Hunian sementara ini masih terus dibangun oleh Bank Mandiri hingga nantinya berjumlah 400 unit. Walaupun namanya hunian sementara, tetap dibangun secara rapid an tidak asal-asalan.

sumber : jadimandiri.org
Di kawasan hunian sementara masyarakat yang terdampak gempa di wilayah Sibalaya, Bank Mandiri telah membangu  100 unit hunian dengan ukuran 4.8 m x 4.88  Baja ringan C60. Atap spandek 3/6 m. Hunian tersebut di rancang tahan gempa dengan menggunakan dinding GRC ukuran 0.4 mm. Dan rangka baja ringan model V dan pintu pvc dengan lantai yang floor.

Di kawasan huntara (hunian sementar) juga terdapat kamar mandi umum sebanyak 20 unit yang dilengkapi dengan tempat cuci dan juga aula serbaguna untuk warga.

sumber : jadimandiri.org

sumber : jadimandiri.org

Sekolah Sementara

Menurut Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas, Mandiri juga mendirikan posko trauma healing yang didirikan bersama dengan Mandiri Amal Insani Foundation. Posko yang terdapat di Desa Sibalaya Selatan Kecamatan Tanambulaya Kabupaten Sigi ini dibantu oleh 5 Orang Psikolog untuk membantu mental recovery dan menghibur anak-anak para korban bencana.

Tantangan yang paling berat pasti trauma healing yaa gengs. Apalagi banyak korban selamat anak kecil. Selain shock saat mengalamai kejadian gempa dan tsunami, kehilangan orang yang tersayang juga pasti sangat menyayat hati mereka. Jika aku menempatkan diri di posisi mereka saja sebagai orang dewasa butuh healing proses untuk melewati cobaan ini.

sumber : jadimandiri.org
Bersyukur sekali disana terdapat relawan yang ramah anak, yang bisa mengukir senyuman di bibir mereka. Tak hanya bermain saja, relawan ini juga mengajak anak-anak untuk kembali belajar seperti biasa. Bank Mandiri mendirikan sekolah sementara untuk menunjang kegiatan belajar mengajar kembali. Lalu di depan sekolah terdapat hunian untuk para guru relawan.

Pembangunan Sekolah Sementara terus dilakukan. Sumber : jadimandiri.org

Hunian guru. Sumber : jadimandiri.org
Anak – anak begitu antusias dengan sekolah baru mereka. Mereka bahu membahu membersihkan kelas dan menggotong meja kursi ke dalam kelas. Bu Rini memberi semangat kepada anak – anak untuk belajar yang rajin agar kelak menjadi orang hebat yang akan membangun desa mereka sendiri.

sumber : jadimandiri.org
Lalu semua berkumpul di Aula Serbaguna, berdiskusi tentang kondisi di pengungsian. Ternyata adik – adik mempersembahkan performance yang membuatku terharu melihatnya. Mereka bernyanyi dengan syair yang bercerita tentang kejadian gempa lalu. Tak heran kalau ada beberapa murid sampai ada yang menitikkan air mata saat bernyanyi. Duh rasanya ingin aku peluk, sabar yaa dek yang kuat.

sumber : jadimandiri.org


Tentang PT Bank Mandiri (Persero), Tbk.

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan financial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, SME, Micro, Consumer Banking serta Treasury. Bank Mandiri pada saat ini bersinergi dengan beberapa perusahaan anak untuk mendukung bisnis utamanya yaitu: Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Mandiri (perbankan syariah),  Bank Mandiri Taspen/Mantap (Kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri InHealth (asuransi kesehatan), Mandiri AXA General Insurance (asuransi umum), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), Mandiri Europe (treasury & financial institution) dan Mandiri Capital Indonesia (Pembiayaan modal ventura).

25 komentar :

  1. Wah alhamdulillah ada bantuan dari Mandiri yah utk kehidupan di Palu.

    BalasHapus
  2. Semoga kota Palu kembali pulih dan bisa dibangun lagi seperti sedia kala ya

    BalasHapus
  3. Bencana datang begitu tiba-tiba dan kita tidak akan pernah tahu bencana datang dan dapat menimpa siapa saja, tugas kita yang tidak terkena dampak secara langsung adalah berdoa, jika memiliki kemampuan membantu bisa dalam bentuk moril atau materil. BUMN sebagai garda terdepan pemerintah tentu memiliki peran penting dalam membantu saudara2 kita di Palu, semoga bantuannya bermanfaat dan Palu kembali bangkit!

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah program membangun kembali wilayah Palu terus giat dilakukan. semoga saudara-saudara kita disana bisa terus tegar dan tabah untuk melanjutkan hidupnya sehingga mereka bisa kembali memiliki kehidupan yang layak bahkan mungkin lebih baik dari sebelumnya. Amin!

    BalasHapus
  5. Sip banget ya untuk kinerja pemerintah dan masyarakat
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah ya cepat tanggap, meskipun bangunan2 hanya sementara tapi berkah buat korban bencana alam di Palu. Semoga mereka di sana selalu dalam perlindunganNya dan dijauhkan dari bencana gempa ato tsunami ya. Amiin.

    BalasHapus
  7. masih belum bisa ngebayangin sampe sekarang mbak, psikis orang-orang palu saat terkena musibah yang lalu. Ahh, tapi untungnya orang-orang palu kuat semua rupanya. mereka langsung give up buat sesuatu hal yang baik buat masa depan mereka sendiri. salut dan bangga.

    BalasHapus
  8. adanya bantuan seperti ini sangat meringankan duka warga palu.. saluutt untuk mandiri :)

    BalasHapus
  9. Memang dibutuhkan sinergi dari sejua pihak untuk bisa membangun kembali daerah yang mengalami musibah.
    Semoga Palu segera bangkit dari keterpurukan.

    BalasHapus
  10. Ahhh, selalu senang liat inisiatif pemerintah/perusahaan yang seperti ini.
    Semoga makin banyak yang mengikuti ya.

    BalasHapus
  11. Seneng banget ngeliat Palu kembali bangkit karena banyak pihak yang cepat tanggap. Semoga Palu dan sekitarnya bisa beraktifitas dengan normal kembali seperti sebelum gempa dan tsunami ya kak :)

    BalasHapus
  12. Wah senang banget lihatnya, langsung gerak cepat mendirikan bangunan sementara untuk tinggal. Semoga kegiatan positif ini menginspirasi banyak pihak

    BalasHapus
  13. wuah apresiasi luar biasa untuk bank mandiri yang telah ikut membangung kembali kota palu setelah bencana disana. semoga masyarakatnya pun bisa bangkit kembali untuk menata kota palu dan semoga hal baik yang telah dimulai bank mandiri bisa di ikuti juga oleh pihak lain untuk turut serta.

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah seneng sekarang sudah banyak yang bantu para korban ya dan semoga Palu kembali bangkit.

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah salut buat cepatnya bahu membahu pulihkan Palu dengan yang paking dasar yaitu tempat tinggal.

    BalasHapus
  16. Apresiasi unt bank Mandiri, bisa bergerak cepat unt kembali membangun Palu. Semoga Palu bisa bangkit kembali dan jadi lebih baik ya. Amen.

    BalasHapus
  17. memang, kita harus bahu membahu membantu saudara2 kita di Palu.. Terutama sih pemerintah karena memang KEWAJIBANNYA jadi hrs didukung dan diawasi.

    BalasHapus
  18. Kagum dan salut deh atas pergerakan dan aksi dari BUMN yang sangat tanggap mengatasi pasca bencana. Semoga dengan segenap dukungan palu dan wilayah Sulteng lainnya, segera bisa kembali bangkit

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah, semoga kehidupan masyarakat Palu bisa secepatnya kembali seperti sedia kali yah.

    BalasHapus
  20. Gerak cepat ya BUMN dalam menanggapi masa depan wilayah Palu setelah bencana gempa. Hunian dan sekolah sementara bisa meringankan beban mereka.

    BalasHapus
  21. BUMN dan Bank Mandiri ini bergerak cepat ya dalam menanggulangi pasca bencana.

    BalasHapus
  22. Kepedulian terhadap sesama akan menumbuhkan rasa bersyukur.

    Bank mandiri membantu mempercepat proses rehabilitasi pasca gempa . alhamdullilah

    BalasHapus
  23. Daebak Bank Mandiri. Sbgi nasabahnya aku jd bangga menabung disini. Krn berarti sebagian keuntungan Dr tabungan dimanfaatkan Mandiri untuk Hal yg sangat positif..

    BalasHapus
  24. Tidak ada yang menginginkan terkena bencana tapi ternyata bencana itu datang cepat sekali. Belum lagi mereka yang harus kehilangan tempat tinggal dan krluarganya, sedih banget waktu nonton berita di tv. Semoga dengan adanya bantuan dari BUMN ini dapat memulihkan kembali Palu ya.

    BalasHapus

Back to Top