Translate

Rabu, 15 Agustus 2018

Workshop Menulis Konten SEO Bersama Mandiri Online


Sebagai seorang blogger hal yang paling membanggakan adalah melihat bahwa tulisan kita terdapat pada halaman pertama google search. Aku dulu pernah berada di posisi itu namun tidak lama. Berada pada halaman pertama pasti membuat traffic blog lebih ramai. Menjadi kebanggan tersendiri ketika tulisan hasil karyaku banyak dibaca oleh orang lain. Ternyata ada triknya lho gengs, namanya SEO !




Tulisanku saat mereview lipstick Lime Crime pernah berada di tingkat teratas pada google search. Saat itu lipstick ini memang sedang hype di luar negri  lalu aku mereviewnya dalam Bahasa Indonesia. Karena saat itu belum banyak olshop yang juga jual, jadi memang sedikit sekali review dari blogger Indonesia. Aku pikir hal itu yang membuat banyak yang membaca blogku hingga akhirnya post tersebut berada pada halaman pertama. Tapi sayangnya hanya bertahan sebentar.

Ternyata untuk menjadi top level pada google search, ada triknya, ada caranya, terstruktur dan bisa dipelajari. Triknya adalah SEO atau lengkapanya Search Engine Optimation. SEO tidak ada rumus bakunya. Itu artinya ada banyak cara tentang SEO dan kamu bisa belajar dari banyak orang dengan berbagai trik. Jadi ilmu tentang SEO memang akan selalu ‘haus’ karena memang google juga sering merubah algoritma search engine mereka. Alhamdulillah aku bisa menghadiri Workshop tentang SEO bersama para Blogger Medialogy. Workshop yang berlangsung pada tanggal 7 Agustus 2018 ini diadakan di Mandiri Inkubator Bisnis.



Pada awal acara, selaku tuan rumah maka  Asisstant Vice President Corporate Communication Bank Mandiri, Ibu Marisstella Triharyanti memberikan sambutan. Coworking space milik Mandiri ini instagramable lho gengs dan yang paling penting adalah musholanya bersih dan nyaman. Kemudian Kak Fushiko Binar Ardhani selaku Transaction Baking Retail Sales menjelaskan tentang layanan terbaru dari Mandiri yaitu Mandiri Online.



Mandiri Online merupakan suatu aplikasi Mandiri yang bisa kamu download di Google Play Store dan Apple App Store. Mandiri online ini berbeda dengan aplikasi yang sudah dulu ada dari MIB mobile yang sudah launching beberapa tahun lalu ya gengs. Aplikasi yang lama sudah tidak digunakan kembali. Mandiri Online yang baru merupakan gabungan antara mandiri mobile dan mandiri internet banking.

Kalau internet banking menggunakan token, nah mandiri online lebih simple karena tidak menggunakan token. Cukup klik, klik, klik saja di layar hp. Pada aplikasi ini hanya dibutuhkan 1 user ID dan password. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas perbankan melalui jari kamu. Mulai dari cek saldo, transfer, bayar berbagai e-commerce, top up e-money, beli pulsa, top up go-pay, bayar segala tagihan dan cicilan, sampai mengecek limit kartu kredit.

 Workshop SEO

Nah ini nih materi yang ditunggu – tunggu gengs ! Ilmu tentang SEO hari ini akan diberikan oleh kak Rendy Doroii Herison. Sekilas tentang jejak langkah beliau, beliau adalah jurnalis, content writer dan kini menjabat sebagai Chief Operations Officer PT Medialogy Digital Indonesia. So, mari kita mulai workshop tentang SEO bersama kak Doroii.



Fokus Keyword. Judul, slug dan metadata harus mengandung keyword.  Dalam memilih judul tidak perlu terlalu panjang, yang penting jelas, singkat padat dan jangan lupa keywordnya. Jika judulmu terlalu panjang nanti slugmu akan terpotong . Slug adalah url berwarna hijau yang berada di bawah judul (lihat pada halaman pencarian google), jika terlalu panjang, slug ternyata bisa diganti sehingga kata keyword yang tadinya terpotong bisa muncul pada slug tsb. Sedangkan metadata adalah deskripsi singkat dari isi postmu. Metadata berisi 150 karakter. Kamu bisa meramu sendiri metadata versimu, kalau tidak maka secara otomatis maka paragraf pertama yang akan muncul. Pada dashboard blogger metadata berada di kolom bagian kanan namanya 'search description'.

Stop Word Pada Judul. Stop word yang dimaksud adalah kata – kata umum yang mengganggu fokus keyword. Contoh : dan, atau, ada, ini, itu, adalah.

Headings. Letakkan keyword di Heading. Google akan membacanya sebagai sub judul.

Periksa suggestion Yoast. Yoast merupakan suatu aplikasi untuk optimasi SEO. Sayangnya Yoast ini hanya untuk wordpress dan berbayar. Eits gengs, tapi aku tulis beberapa suggestion yang sering muncul pada yoast, yaitu :
  • Fokus keyword harus terletak di paragraf pertama pada 4 kalimat utama lebih baik.
  • Bobot keyword harus lebih dari 1, normal 0,5 % - 2 %. Diatas 2 % dianggap spam.
  • Internal link dalam post menguatkan konten.
  • Metadata mengandung keywords.
  • Nama image memakai keywords.
  • Text contain minimum 300 words.
  • Keyword muncul di link URL (Slug)
  • Keyword pada judul post
  • Bisa bahas tema tulisan yang sama di blog namun keyword berbeda.

SEO Off Site. Mendapatkan link dari website lain. Dengan begitu maka website kita menjadi lebih kuat dan terpercaya oleh google. Kamu bisa bekerja sama dengan blogger lain untuk saling mendapatkan backlink atau dengan menggunakan Wikipedia dan Quora.

Nah bagaimana gengs, sudah lebih paham tentang SEO kan? Nah kebetulan nih saat ini Bank Mandiri sedang mengadakan lomba blog tentang SEO. Hadiahnya enggak tanggung – tanggung gengs, ada laptop, kamera mirrorless, handphoe, go-pro dan voucher. Semua orang bisa ikutan lho. Info lebih lengkap tinggal kamu klik Lomba Blog dan SEO Mandiri

Back to Top