Translate

Minggu, 21 Januari 2018

Hagia Sophia. Gereja dan Masjid Yang Kini Menjadi Museum

Assalamualaikum guys ! Pernah dengar tentang Hagia Sophia? Atau orang Turki lebih sering menyebutnya Aya Sofia. Bangunan ini merupakan bangunan kuno yang kini menjadi Museum. Dahulu kala bangunan ini adalah gereja terbesar di Turki. Lalu saat Islam masuk Turki, maka gereja ini diubah menjadi masjid tanpa menghancurkan bangunan tsb. Kamu bisa melihat lukisan Bunda Maria di atas langit sebagai simbol kristen didampingi oleh lafadz Allah & Nabi Muhammad SAW sebagai simbol islam.




Harga Tiket :
Free karena aku menggunakan Free Pass Museum yang waktu itu aku beli di Topkapi Palace seharga 85 TL. Hagia Sophia adalah museum yang cukup terkenal, jadi saat kami sampai sana antrian masuknya sangat panjang. Untung sekali kami sudah memiliki Museum Pass jadi kami langsung masuk lewat line khusus pemegang kartu sakti tsb hehehe.



Kalau kamu mau kesini kamu bisa naik Trem T1 lalu turun di stasiun Sultan Ahmet. Lokasi Hagia Sophia berseberangan atau berhadapan langsung dengan The Blue Mosque.

Sejarah Singkat Hagia Sophia
Hagia Sophia merupakan Gereja Katedral Katolik terbesar di dunia selama hampir seribu tahun sampai gereja katedral Sevilla selesai dibangun pada 1520. Masa pembangunan Hagia Sophia yaitu tahun 537 M sampai 1453 M. Kemudian setelah Muhammad Al Fatih menaklukkan Konstantinopel, beliau melakukan shalat di gereja ini dan memerintahkannya untuk diubah menjadi masjid tanpa menghancurkan bangunan aslinya. Bangunan ini menjadi masjid mulai 29 Mei 1453. Kemudian pada tahun 1953 Hagia Sophia diubah menjadi Museum.



Lukisan dan Kaligrafi Islam
Masjid ini menjadi saksi bisu betapa damainya umat Islam. Perubahan gereja ke masjid tanpa ada bangunan yang dirusak sama sekali. Untuk melambangkan masjid, maka dibuatlah symbol besar berupa 8 lingkaran yang bertuliskan lafadz Allah SWT, Nabi Muhammad SAW, Keempat Khulafaur Rasyidin yaitu Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali, kemudian kedua cucu Nabi Muhammad SAW yaitu Hasan dan Husein. Selain itu juga ditambahkan kaligrafi – kaligrafi Islam yang cantik di dinding dan langit – langit.



Pemandangan ini menjadi sangat kontras. Kamu bisa melihat lukisan Bunda Maria diapit oleh lafadz Allah SWT & Nabi Muhammad SAW. Ada juga kaligrafi Islam yang dikelilingi oleh lukisan para angel. Pada salah satu bagian dinding Hagia Sofia terdapat lukisan raksasa Yesus.



Hagia Sophia adalah satu – satunya museum yang tidak membosankan bagiku. Aku terkesima oleh arsitekturnya. Bangunan ini sungguh cantik dengan detail bernuansa warna gold dan kuning.


Di belakangku adalah tempat tadarus Al-Qur'an
Tempat imam memimpin shalat
Aku tidak tahu ini bahasa apa. Tulisan dinding ini berada di dinding depan Hagia Sophia

Tempat menampung air minum untuk jemaah 

Kamu juga bisa melihat vlogku saat berkunjung ke Hagia Sophia cusss ke youtubeku








Back to Top