Translate

Sabtu, 30 Desember 2017

Macam - macam Jerawat Yang Pernah Aku Alami


Hello Girls...


Aku mau sharing tentang jenis2 jerawat menurut versi aku. Semua berdasarkan pengalamanku yang sudah berjerawat sejak kelas 6 SD. Aku bukan dokter kulit atau seorang profesional di bidang jerawat. Jadi aku hanya menceritakan kembali kondisi2 aku saat berjerawat. 






1. Teenager Acne

   Terjadi saat masa puber. Jerawat ini terjadi karna adanya perubahan hormon dari anak kecil ke remaja dan nantinya ke dewasa. Aku pertama kali memiliki jerawat saat kelas 6 SD. Lalu terus berjerawat hingga SMA. Ada yang bilang jerawat pada masa ini akan hilang dengan sendirinya. At least ada beberapa orang yang bilang begiu padaku, jadi gak usah ada effort khusus untuk jerawat karena nanti akan hilang dengan sendirinya. Well, now i would say it was big mistake. Jerawat harus di obatin guys ! Yang aku alami adalah walau sudah melewati fase jerawat ini tapi bekasnya susah hilang. Itu semua karena aku tidak tahu cara merawat kulit yang berjerawat dengan baik.



2. Hormonal Acne

    Terjadi karena adanya perubahan hormon, baik yang disengaja ataupun tidak. Contoh perubahan hormon yang  tidak disengaja adalah saat hamil. Memang tidak semua yang sedang hamil pasti berjerawat, namun kebanyakan temanku yang hamil memang jadi berjerawat saat kehamilan dan akan menghilang dengan sendirinya setelah melahirkan.

Saat mengkonsumsi pil pelancar haid

Jerawat besar tak bermata yang lama hilangnya. Saat mengkonsumsi pil penyubur kandungan


Untuk perubahan hormon yang disengaja adalah saat kamu mengkonsumsi obat hormon, misal pil KB, obat hormon pelancar haid atau obat hormon saat akan program hamil. Aku sudah pernah minum obat hormon pelancar haid selama 3 bulan lamanya. Hal ini yang membuat jerawatku besar - besar, lama sembuhnya dan jadi banyak bekas scar dimana-mana.



3. Adult acne

    Jerawat ini timbul pada usia dewasa. Di korea, definisi adult acne berawal dari umur 26 tahun. Namun ibuku sendiri mengalami adult acne di usianya yang 46 tahun. 

Adult Acne




4. Alergi / Breakout

   Jerawat timbul karena terpicu oleh salah satu alergen atau faktor yang membuatmu alergi. Pada kasusku, aku alergi dengan debu, beberapa makanan seperti susu, yoghurt dan juga beberapa fragrance yang terdapat di skincare atau makeup. Ada beberapa orang yang alergi dengan kacang, jadi setiap sehabis makan kacang maka akan timbul jerawat. Pada tipe ini cukup jauhkan diri kita dari alergen tsb agar menghindari munculnya jerawat.

Ada jerawat besar dan banyak jerawat kecil - kecil. Saat prurigo kambuh lalu alergi habis makan seafood


Contoh lainnya adalah saat aku pakai sheet mask merk apapun dari korea. Baru dipakai sekitar 2 menit muka ini langsung bereaksi gatal semua, lalu merah - merah. Literally beneran semua muka. Kalau udah seperti ini harus extra juga menghadapinya, jangan digaruk atau nanti bisa jadi tambah ngamuk dan malah berujung jerawat.



5. Purging

Purging atau mendetoks ini biasanya dijumpai saat kita baru mulai mencoba suatu skincare baru. Jerawat yang mucul bervariasi, bisa kecil kecil atau bahkan besar besar. Purging biasanya tidak lama. Dari pengalamanku, aku pernah purging saat pertama kali menggunakan SKII FTE. Untungnya hanya 8 hari, namun ada beberapa kasus yang hingga satu bulan lamanya. 

Baca Juga : First Time Using SKII & How To Minimize The Purging

Jerawatnya lebih 'kalem'


Aku pribadi sebenarnya tidak suka memakai produk yang mengalami tahap purging ini, memang katanya bagus yaitu mendetoks racun2, tapi kalau setiap aku memakai skincare lalu purging berarti nambah lagi dan lagi jerawatnya, jadi tambah dan tambah lagi deh bekasnya. Aku lebih memilih memakai skincare yang tanpa tahap purging terlebih dahulu. 
Back to Top